EXPLORE HANOI part1 (Buah, Baju, Bunga)

Chin chao guys, Alhamdulilah, todays i’ve been here for 1 month+10 days. I’ve got a little knowledge about common things here...(learn to be a little observer...hehe..)..now i’ll tell u about that.....

Pake Bahasa Indonesia aj y..(love my beloved country so much..^_^)

Hanoi, terdiri dari 2 kata ha-noi, noi= didalam..hanoi terletak dibagian nothern vietnam. Sebenarnya jika dilihat dari segi kondisi sebagian besar sini tidak jauh berbeda dengan Indonesia, namun ada beberapa perbedaan:

1. Cuaca
Vietnam mempunyai 4 cuaca, spring, autumn, winter, summer, tetapi dihanoi ketika winter tidak turun salju. Tetapi jika pergi ke sapa(bukit), kita akan menemukan salju disana ketika winter, butuh 12 jam perjalanan dari hanoi ke sapa (by train).
Namun akhir2 ini cuaca dihanoi tak stabil, tak bisa diprediksi, kadang seharian hujan, besuknya puanass bgt, kadang setengah hari hujan, setengah hari panas, bahkan kadang, udara panas bgt, matahari menyengat, tapi tetep ada hujan,kata mr.huy ini karna fenomena elnino.
2. Makanan
Temen-temen sudah bisa menabak kan, sebagian besar makanan disini terdiri dari ap??, yup bener, sebagian besar makanan disini terdiri dari babi...pig is so familiar here...mengalahkan sapi..hehe..klo diindonesia daging sapi mahal banget yak, klo sini, daging babi paling familiar dan mahal, dan paling disukai tentunya. Tapi pandai2 kita milih aj sebenernya..disini juga ada seafood, chicken, vegetable, fruit.. jg..
3. Orang-orangnya
Rata-rata sebagian besar org asia bisa ditebak kan ciri2na, tidak terlalu tinggi, berambut hitam, dan gendut2, tapi disini beda org sini kurus2, laki2 perempuan sangat memperhatikan penampilan, modis2, keren2, cantik2..dan tentunya putih2, karena sebagian besar org vietnam adalah keturunan cina, beratus-ratus tahun dahulu vietnam dijajah cina, jadi kebanyakan dari org vietnam pny nenek moyang org cina.
4. Tekstil/baju
Org sini suka pake hem(baju berkerah) temen2, baik laki2 maupun perempuan. Dan disini ukuran kecil sangat familiar, karna org sini kurus2, kalian bisa dapet ukuran besar tapi sulit dan jarang, dan rata2 warnanya itu cerah2 (merah, orange, biru, kuning), maksudnya nda kalem2 gtu...dan sebagian besar tekstil diisini dari cina. Dan bag org yg punya penyakit ‘shopaholic’ siap2 bawa obat (uang) yang banyak agar jika penyakit anda kumat dapat segera terobati, karena disini temen2 toko baju itu dimana2 ada, seabrueekk..., setiap jalan selalu ada toko baju, selalu nemuin toko baju setiap lenggok jalan hanoi, kadang ada juga tokok sepatu sama tokok tas, tapi yangpaling sering toko baju, dan model bajunya itu hem yg modelnya bagus2....stylist2, klo saya bilang hanoi adalah parisnya asia..>_<.
5. Buah
Org sini suka banget sama yang namanya buah temen2, dimana2 banyak bgt org jualan buah, buah yg familiar disini itu buah naga, srikaya, pir, anggur hijau merah, dondong, lidah buaya, pepaya, semangka lonjong, buah x lonjong(perkawinan timunsuri/garbis/melon), buah kayak apel, dan buah delima. Satu kilo buah naga isi satu buah harganya20 rb dong.
6. Bunga
Disini bunga sangat2 familiar, mudah, murah, dan banyak didapat, dan hebadnya lagi semua selalu tersaji segar dan bunganya itu awet2, mengapa temen2??, selain karena org sini memang suka bunga segar, karna juga sebagai ritual, mereka percaya jika mangganti bunga segar setiap hari dirumah mereka akan selalu dilindungi sama yang kuasa(klo nda salah gitu..>_<), pokoknya intinya sebagai sarana religi lah.., jenis bunga disini yang familiar itu tulip, rose, crysan, anggrek (bagussss2, banyak bgt jenisx, dan murah2), jadi temen2 divietnam ada desa tersendiri(lupa namanya), diluar hanoi pastinya, tetapi bukan dipegunungan, desa itu khusus menanam bunga, jadi semua penduduk disatu desa itu bermata pencaharian sebagai petani bunga. Dan bunga2 dari desa itu dideliverkan di smua kota2 divietnam, salah satunya hanoi.
7. Sayur
Orang sini klo makan yang sepo2 (nda ada rasanya, krg bumbu) temen2, bumbu2 dan rempah2 yang dipake nda selengkap dan setop Indonesia, jadi klo sayur gitu cuman di rebus aj, trus anti makanya pake garem dit4 kecil, sama sauce, trs sama cabe digntingi kecil2, trus nanti makanya dicelup2pin gtu temen2, nda cuman sayur, klo udang itu cuman digoreng aj biasanya, trus masakan ayam khas sini adalah ayam kuning bertabur daun gag jelas (daun cemara kayakna, yang biasanya dipake dimasakan sini, termasuk buat pho). Oh y jenis sayuran yang populer disini antara lain kangkung, sawi putih, sawi hijau, manisa, kubis, daun gag jelas, daun ketela, kayak gambas.
8. Yogurt, Roti, Susu, Juice, Es tebu, che (es campur)
Oh y orang sini suka banget sama yogurt temen2, terdapat berbagai jenis yogurt disini, enak2 lagi satu buahnya harganya rata2 3.600, rasanya macem2, rasa kedelai, buah delima, lidah buaya, strawberry. Susu disini juga familiar. Roti khas sini namanya banh my, harga rata2 2000 perbuah.es tebu disini popular banget apalagi pas summer, tapies tebu disinirasanya beda sama yg diindonesia, es tebu sini rasanya lebih seger nda terlalu nyelekit soalna tebu sini yg dipake yg masih muda2, yg masih ijo2, dan kecil2, kurus2(kyk org vietnam), tapi tinggi2.
9. Pho
Pho adalah nama mie khas vietnam, enakk banget sumpah, mienya warnanya putih lebar2, dan lauknay aitu macem2, ayam, rempelo ati, babi, daging sapi, baby egg, dan ditaburi daun gag jelas (cemara kykna yg bikin rasany ada getir2na), trus daun pre. Dan gag tau bumbunya ap aj, gag dikasih bumbu, klo meurutku sih bumbunya da dikuahnya itu..jadi bumbunya itu nda ngeresep ama sekali kemienya..klo dimakan satu2 mie, trs kuahnya, gag bakal pas, jadi makanyamusti bareng mie ma kuahnya..enakkkkkk....
10. Nama jalan (pho, ngo)
Disini ada 3 jenis jalan temen2...satunya lupa aku nmy ap..hehe..pho=jalan raya/jalan paling besar, klo ngo= gang/ jalan sedengan, trs satunya jalan paling kecil=????
11. Sepatu
Umumnya sepatu yang populer disini sepatu hak tinggi, karena org sini kyk org indonesia umumnya pendek2, tapi bedanya org sini kurus2, jadi high hillsnya itu kecil2 dan tinggi2.
12. Agama
Org sini tdk punya agama temen2 rata2, mereka atheis, tapi beberapa ada yg katholik, budha.
13. Jualan pikulan
Temen2 dsini jualan pikulan masih familiar bgt, namun yg bikin aku miris sebagian besar pelakunya dalah wanita, ibu2 gtu, bahkan ada yg sudah ennek2 tua bgt tapi dy tetep jualan, trs pake topi caping gitu..dan rata2 mreka pendek2, mgkn karna faktor mreka musti bawa barang2 berat tiap harinya, kanan kiri dipenuhi barng2 jualan, biasanya buah dan sayur temen2. Dan ada juga yang jualan sandal dan baju tapi ukan dipikul didorong pake grobak gitu..
14. Restoran makanan
Toko2 makanan disini (makanan basah/warteg), unik bgt, jadi disitu kita diambilin nasinya dulu trus milih lauknya, di meja lauk , dan diambilin sma penjualnya, jadi takeranya bersifat subjektif temen2(tergantung yg njuali, klo yg njuali medit, kita dapet lauk kecil2 dan sayur sedikit, tapi klo ngga ya lumayan dapet banyak..hehe..). setelah itu kita bayar, duduk dan makan trus selese makan tinggal, gitu sistemnya. Dan lucunya harganya pun subjektif (klo aku biasana beli yg jualin anaknya perempuan itu 20 ribu dapet nasi, ayam, oseng2 kangkung, telor dadar, tapi kok pas pak wi beli kmrn maknya 20 rb dapet ayam yg kecil, oseng2 kangkung, ma nasi aj...hutfhh..)
15. Kabel Listrik
Pekerja2 pln sini pinter2 temen2, tau ngga kabel listrik sini semrawut bgt, beneran deh, kaget klo liat potonya..kapan2 aku postingin nanti...
16. Lalu lintas, helm, masker, jaket, bis
Lalu lintas disini semruawutt buangett..bener2 gag tertib blass....
Helm disni kecil2 dan gag ada helm teropong, juarang bgt, helm teropong bisa dihitung
Masker disini menutup sampai dekat mata, jadi org sini g ad yg pake helm teropong karena maskernya sdh cukup untuk menutup wajah,
Bis disini tempat duduknya sedikit...
Jaket disini ada maskernya lgs dan jaket sini gag ada yg tebel tipis2...dan motifnya bunga2an tokk...


Itu tadi temen2 secuil keunikan hanoi, insyalallah dilain waktu nanti aku mau cerita keunikan2 hanoi yg lainya..oks...

Nb: photo menyusul...@_@

0 komentar: